Rabu, 04 September 2013

LED BOX/LED LETTER

Lampu bagi reklame merupakan bagian yang tak terpisahkan, selain sebagai penerangan, lampu juga merupakan salah satu syarat terlihatnya iklan dan pesan pada reklame. Salah satu contoh reklame yaitu neonbox yang biasanya menggunakan batangan lampu TL dengan daya sebesar 20 watt hingga 40 watt/lampu. Jika kita hanya berbicara pada satu neonbox dengan ukuran kecil tentunya daya sebesar itu tidaklah terasa apa-apa tapi untuk neonbox berukuran besar atau berukuran kecil dan berjumlah banyak tentu hal ini menjadi suatu masalah. Berapa ribu watt yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut? Bahkan beberapa kali saya melayani customer yang tidak mampu menghidupkan reklamenya hanya karena daya listrik yang tidak mencukupi.
Reklame yang Menggunakan Led
Coba kita simulasikan, 10 unit neonbox berukuran 1 x 2 m minimal akan menggunakan 8 lampu TL 40 watt. Jika dikalikan maka satu neonbox menggunakan 320 watt dan setelah dikalikan dengan 10 unit akan mengeluarkan daya 3.200 watt atau sekurangnya setara dengan 3 rumah berdaya 900 watt. Jika dikaitkan dengan masalah krisis listrik akhir" ini. Menurut saya ini merupakan angka yang fantastis sekaligus IRONIS, disaat masyarakat sedang membutuhkan listrik, reklame yang juga merupakan PAD, malah mengeluarkan listrik sebesar daya yang minimal mereka butuhkan.
Jika diaplikasikan dengan LED, neonbox dengan ukuran 1 x 2 m akan menggunakan LED strip sebanyak 20 keping yang masing-masing kepingnya berdaya 1 watt, maka total daya untuk 1 unit neonbox adalah sebesar 40 watt. Jika dibandingkan dengan angka 320 watt tentu sangat jauh bukan? 8 x lebih hemat daya daripada menggunakan TL. Berbagai keunggulan lainnya LED dalam jangka panjang tentunya bisa menjadi sangat ekonomis untuk menggantikan lampu TL pada reklame.























































1 komentar:

Posting Komentar